Cara Mengunci/Lock Folder pada Windows 7

Unknown | 00.34 | 0 komentar

Yuk lindungi file rahasia agan dalam komputer dengan cara membuat kunci/lock folder tempat agan menyimpan file rahasia.

Uniknya cara ini dikarenakan tanpa sofware tambahan, seharunsya judul postingan ini paling cocok Cara Lock Folder pada Windows 7 tanpa software tambahan ya, tapi terlanjur saya ketikkan, gpp lah :)

Saya sih dapet cara ini dari blog-nya teman, lupa saya linknya tepatnya sumber postingan ini, tapi udah saya coba ke kompi saya sndiri n 1000% work.

Langsung caranya ya.

1. Buat folder baru mau agan buat di drive C:/ atau D:/ terserah deh :) juka nama foldernya terserah agan, saya pake nama folder PING Test, lihat gambar dibawah.



2. Buka Notepad dan copy-paste code dibawah ini kedalam notepad.


Quote:
Quote: cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== Pasword Disini goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End


Ctt: Tulisan warna merah ganti dengan password yang agan inginkan, misal agan mau but pasword 12345, makan tulisan Pasword Disini ganti dengan 12345. akan menjadi seperti dibawah ini


if NOT %pass%== 12345 goto FAIL

3. Save notepad tadi menjadi file berformat .bat dan beri namanya locker.bat kedalam folder kosong yang agan buat pertama tadi (PING Test). Caranya, pada notepad, klik File ---> SaveAs ----> akan muncul jendela baru dan pada jedela baru isikan pada file name : locker.bat dan pada kolom save as type: pilih All Files dan pencet SAVE.



4. Pada tahap ini agan udah 80% berhasil, untuk tahap selanjutnya klik 2x file locker.bat tadi, maka akan muncul folder baru bernama Private di dalam folder PING Test. lihat gambar bawah


Sebelum file locker.bat dijalankan

Setelah file locker.bat dijalankan
5. Folder Private itu adalah folder dimana smua file rahasia yang akan disimpan, pindahkan semua file-file rahasia agan kedalam folder Private. 

6. Untuk mengunci folder Private agan cukup klik 2x file locker.bat, dan akan tampil jendela baru bertanya "apakan anda setuju untuk mengunci folder <Y/N>" ketik Y jika ya dan N jika tidak lalu tekan enter. maka folder Private yang berisi file rahasia agan akan terkunci sekalin terhiden.


7. Bagaimana untuk membuka folder Private yang sudah tidak kelihatan/hiden lagi? Caranya cukup klik 2x file locker.bat dan akan muncul jendela baru dimaka kita memasukkan pasword yang kita buat pertama, lalu tekan enter, kemudian folder Private akan teampil dan kita dapat mengakses file2 rahasia tadi.



Mudah bukan? demikianlah tips Cara Mengunci/Lock Folder pada Windows 7 dari http://pingtweet.blogspot.com/ dan selamat mencoba

Category:

Share this article :

About PING BLACK Magazine Template:

PING BLACK Magazine adalah blogger template gratis hasil midifikasi dari berbagai template, Template ini saya ubah dengan kemampuan yang masih belajar mengutak-atik template, dan perlu diketahui jika ada bafian tmplate ini yang belum maksimal fungsinya mohon dimaklumi, karena ini hasil belajar dari berbagai tutorial modifikasi template.

0 komentar