Bahaya Mengkonsumsi Jeruk dan Obat

Unknown | 02.51 | 0 komentar



Buah ini mengakibatkan overdosis, atau malah mengurangi fungsi obat.


Jeruk dengan kandungan vitamin C yang tinggi, nyatanya tidak selalu dapat bekerja dengan baik untuk tubuh. Terlebih saat Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan. Buah ini justru dapat mengganggu penyerapan obat dan bahkan bisa mematikan. 
Para dokter di Lawson Health Research Institute, London, pun memberikan peringatan tentang masalah kesehatan serius yang bisa disebabkan oleh konsumsi jeruk dan obat secara bersamaan. Demikian juga dengam obat-obatan yang menggunakan campuran jeruk. 
Dilansir Daily Mail, selama empat tahun terakhir ini, jumlah obat yang mengandung jeruk jenis grapefruit justru mengalami peningkatan hingga dua kali lipat setiap tahunnya. Obat-obatan ini termasuk statin (obat kolesterol), antibiotik, antidepresan, obat untuk mengobati kanker dan penyakit jantung, juga obat-obatan yang digunakan para pasien yang memiliki transplantasi organ.
Jeruk jenis grapefruit yang mengandung senyawa furanokumarin, disebut dapat meningkatkan konsentrasi obat yang berpotensi overdosis. Pada beberapa jenis obat, jeruk juga dapat menurunkan efektifitas obat, sehingga pasien tidak mendapatkan manfaat banyak dari dosis yang dianjurkan.  
Dr David Bailey menjelaskan beberapa gangguan serius yang diakibatkan oleh jeruk ini, seperti kematian mendadak, gagal ginjal akut, gagal pernafasan, dan pendarahan gastrointestinal.
"Banyak obat yang tidak dapat berinteraksi baik dengan jeruk. Penggunaan jeruk dalam bahan obat pun memberikan efek samping serius, yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Category:

Share this article :

About PING BLACK Magazine Template:

PING BLACK Magazine adalah blogger template gratis hasil midifikasi dari berbagai template, Template ini saya ubah dengan kemampuan yang masih belajar mengutak-atik template, dan perlu diketahui jika ada bafian tmplate ini yang belum maksimal fungsinya mohon dimaklumi, karena ini hasil belajar dari berbagai tutorial modifikasi template.

0 komentar